Pulau Pandan "Community Development"

Kenapa? Bingung? atau memang tau tentang Pulau Pandan?, hehehe. Kayanya pada bingung deh…. OK gue jelasin. *Ehem!

Pertama-tama gue mau jelasin konsep apa sih Community Development itu sendiri. Community Development merupakan suatu bentuk pembinaan masyarakat di daerah tertentu, dengan visi misi tertentu juga pastinya dengan menyesuaikan daerah yang akan menjadi sasaran dari tim Community Development itu sendiri. Misalnya memperdayakan anak jalanan yang putus sekolah atau memang tidak bersekolah, nah… di sana kita berbagi dan sharing ilmu dengan mereka seputar ilmu pengetahuan atau apapun yang menuju kebaikan kedepannya nanti. Ngeeeerrrrtttiikaaaannnn…… *pukpuk

Terus apa hubungannya sama Pulau Pandan? Pulau Pandan itu Pulau yang banyak tumbuhan Pandannya yah…? berarti banyak yang buat kolak dong?! ( -____-” *pikiran elo makanan doang?!), terus apaan dong?!

Pulau Pandan itu bukan tempat yang banyak tumbuhan Pandannya, tapi gue nggak tau juga ada tumbuhan pandannya atau nggak, yang gue lihat hanya lautan sampah berserakan dimana-mana.  Tapi kalo menurut gue itu bukan juga Perkampungan Kumuh sih, mungkin bisa dibilang desa yang perlu kami bantu (ah…. susah kalipun menggambarkannya *bah! jadi logat batakpun!?), pokoknya ya gitulah. Pulau Pandan itu merupakan desa yang bakalan kami bina, yap! tempat Community Development yang baalan kami tuju, dan akan menjadi tempat untuk mewujudkan visi dan misi kami.

Nah gue sama temen-temen gue sudah beberapa kali kesana, biasanya datengnya 2 minggu sekali sih. Kalo dateng bukan buat jalan-jalan atau sekedar nengokin pulau pandan terus balik lagi, kurang kerjaan amat.Tapi disana kita bagi-bagi ilmu dengan anak-anak setempat broh. Mulai dari ilmu Agama, Pendidikan Umum, Atau pelajaran yang termasuk Hoby, NGUPIL menggambar misalnya. Kadang buat menarik perhatian anak-anak disana buat belajar bareng kita biasanya sih kita bawa makanan, tapi nggak di baagiin gratis,jadi konsepnya siapa yang bisa belajar dengan baik dan bisa menjawab pertanyaan yang kita berikan terkait materi yang di ajarin bakalan kita berikan doorprize. Nah yang nggak bisa jawab gimana?!, tenang broh, karena kita orang-orang yang baik hati dan kece-kece (*hoeeeekk!) tetep kita kasih juga kok, dari pada ntar dia ngambek terus nggak mau ikutan belajar bareng kita lagi kan berabeh. Nah solusinya biasanya kita kasih pertanyaan yang menurut kita kemungkinan mereka bisa jawab. Seperti, siapa nama ibu merek misalnya!. (kalo salah jawab anak durhaka dong?!) gue aja nggak hapal nama orang tua mereka. Hahahaha….

Setiap doorprize yang kita bawa pasti habis, jadi rasanya lega, nggak sia-sia…. *elus-elus dompet tipis (maklum anak kuliahan :p).

 ***

Langsung aja nih gue kasih picture yang gue ambil di sana…

Percaya atau nggak yang lo liat itu beneran sampah, sampahnya dimana-mana, sudah kaya pulau sampah aja -_-“
*** 

Nah, pemandangan ini yang bakalan lo jumpain waktu loe sampe kesana. Rumah panggung, karena kalo pas lagi musim hujan, sungai di sekitar perkampungan bisa meulap dan menyebabkan banjir, anak-anak sungai ini bermuara ke sungai terpanjang sesumatra, apa?! yap! Sungai Batanghari kebanggaan negeri Jambi. Satu hal yang gue senengin, hal baik yang kita tanemin kemereka mulai jadi budaya, setiap kita dateng kesana mereka pastin langsung datang berkerumun menyambut, dan taklupa cium tangan dengan yang lebih tua. *oh so sweet….
***

Nah, selanjutnya kita bakalan nyebrang anak sungai dari desa ke dermaga. Karena di desa kita belum punya tempat yang luas buat mengajar ataupun berkumpul makanya kami bawa mereka untuk belajar di atas dermaga saja, yang tempatnya bersebrangan dengan desa Pulau Pandan. *awas jatoh
***

 Kalo berhasil nyebrang kemana kita selanjutnya (plis deh ini bukan acara anak-anak dengan baju pink dan tas ungu itu). Kalo berhasil nyebrang lo bakalan nemuin padang rumput yang luasnya kalo di ukur pake kaki, bisa buat pegel-pegel selama seminggu. Ajib benerrrrrr.

***

TARA!!!!! (*Apa sih! -_-“)
sampai juga di dermaga, ini di atas sungai batanghari loh….., pertama-tama kita nenangin mereka dulu, baris yang rapi. Dan ternyata jadi guru TK tidak semudah yang anda pikirkan. *tjatet!

Kalo dirasa udah agak rapihan dikit (garis bawah noh…), the next mission is…..

BELAJAR BARENG…..!!!

oh iya, beberapa waktu yang lalu kita udah kerja sama dengan organisasi Volunteer yang ada di jambi dan juga seonggok (lo kira daging?) , sebutir (et dah…. telor kaleeee), jadi apaan?! (sebuah aja lah…)… oke sebuah bang swasta. Nah kita (InsyaAllah) bakalan mendirikan sebuah Rumah Baca di Pulau Pandan denagn konsep seperti sekolah yang kurikulumnya kita susun sendiri dan menyesuaikan dengan anak-anak yang kita ajar disana. Do’ain lancar jaya selalu yah…amin! (kok kaya nama toko bangunan?! *abaikan!)
***
Nah!(lagi), kalo udah sore nih, lo bakalan takjub dengan yang satu ini. Loe bakalan dapet pemandangan keren….
SUNSET DI ATAS SUNGAI BATANGHARI….
LANGITNYA JUGA KEREN BANGET….
***
udah sore?!, bearti waktunya pulang…. 🙂
LANGITNYA MASIH TETEP KEREN….
***
Sudah taukan keadaan pulau pandan gimana?, kalo mau tau lebih deatilnya lagi silakan ikut kami. Lumayan bagi-bagi ilmu, dapet pengalaman dan pahala pula. Karna gue calon guru (amin), gue nganggepnya ini kaya gue ngajar dikelas aja (tapi sayangnya ini kelas TK *free puk puk). Dari pada mereka main yang nggak jelaskan, (main HATI tanah misalnya), kan mendingan mereka kita ajarin, minimal dapet ilmu dikit lumayanlah. Dapet dorrprizenya aja udah suku *eeh!, ngirit uang jajan dari emak. hahahha
Maknya buruan kalo kalian mau ikut kami, sekaligus menginspirasi yang lainnya. Biasanyasih, berangkat kesana setiap hari jum’at jam 3 an, atau hari minggu skitar jam 9 an, setiap 2 minggu sekali. Jangan lupa bawa dorrprize juga buat di bagi-bagiin, sekaligus materi yang mau di ajarain, biasnya materinya gue yang nentuin, ntar lo pada yang ngembangin. Kalo beneran mau gabung silakan hubungin kontak gue aja. Mari kita saling membantu dan menginspirasi. CERIA! KERJA IKHLAS, USAHA TUNTAS, BERSAMA KITA BISA!!! 🙂
Advertisements